RPP SMK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK Nawa Bhakti Kebumen
Program Diklat : Matematika
Kelas / Program Studi Keahlian : XI / SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
Semester : Gasal
Standar Kompetensi : Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Indikator :
.
- Perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi segitiga siku-siku
- Perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku.
- Sudut-sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
- Koordinat kartesius dan koordinat kutub dibedakan sesuai pengertiannya
- Koordinat kartesius dikonversi ke koordinat kutub atau se-baliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku
- Aturan sinus digunakan untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
- Aturan kosinus digunakan untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
- Luas segitiga ditentukan rumusnya
- Luas segitiga dihitung dengan menggunakan rumus luas segitiga
- Rumus trigonometri jumlah dua sudut digunakan untuk menyelesaikan soal
- Rumus trigonometri selisih dua sudut digunakan untuk menyelesaikan soal
- Identitas trigonometri digunakan dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonomteri
- Persamaan trigonometri ditentukan penyelesaiannya
Alokasi waktu : 23 x 45 menit
Pertemuan I
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Menghitung perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku.
- Menghitung sudut-sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
Sin A =
Cos A=
Tan A=
Cosec A =
Sec A =
Pada segitiga sisku-siku memuat sudut-sudut istimewa yaitu sudut 30
Perhatikan gambar di bawah ini!
Dari gambar di atas berlaku perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa sebagai berikut:
A | 0 | 30 | 45 | 60 | 90 | 180 | 270 | 360 |
Sin A | 0 | 1 | 0 | -1 | 0 | |||
Cos A | 1 | 0 | -1 | 0 | 1 | |||
Tan A | 0 | 1 | Tak terdefinisi | 0 | Tak terdefinisi | 0 |
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Pertemuan II
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Membedakan koordinat kartesius dan koordinat kutub sesuai pengertiannya
- Menghitung Koordinat kartesius dikonversi ke koordinat kutub atau se-baliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku
Koordinat kartesius adalah suatu titik yang di gambar pada sumbu x dan sumbu y (bidang kartesius terdiri dari ( nilai x) dan ordinat ( nilai y), di tulis P(x,y).
Koordinat Kutub adalah koordinat yang di gambar pada sumbu x dan sumbu y, terdiri dari nilai (
Jika diketahui suatu koordinat kutub P ( r,
x = r Cos
Contoh : Nyatakan titik R( 4, 150
Jawab :
Untuk mengubah koordinat kartesius ke dalam koordinat kutub dilakukan dengan cara berikut:
Contoh: Tentukan koordinat kutub jika koordinat kartesiusnya P(4,4)
Jawab :
Jadi, koordinat kutubnya P(4
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Pertemuan III
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Menghitung dengan menggunakan aturan turan sinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
- Menghitung dengan menggunakan aturan turan cosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Pertemuan IV
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Menghitung Luas segitiga ditentukan rumusnya
- Menghitung Luas segitiga dihitung dengan menggunakan rumus luas segitiga
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Pertemuan V
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal
- Menggunakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Pertemuan VI
Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :
- Menggunakan Identitas trigonometri dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonomteri
- Menyelesaikan persamaan trigognometri
Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll
Sumber belajar :
Mengetahui, Kepala SMK Nawa Bhakti Kebumen
Edy Riyanto, S.Pd |
Verifikator
Sutomo, S.Pd |
Kebumen, 19 Juli 2010
Guru Program Diklat
Pawit, S.Pd |