Skip to content

RPP SMK

July 25, 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                        : SMK Nawa Bhakti Kebumen

Program Diklat                              : Matematika

Kelas / Program Studi Keahlian    : XI / SEMUA PROGRAM KEAHLIAN

Semester                                        : Gasal

Standar Kompetensi                     : Menerapkan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar                         :

 

 

 

 

 

 

Indikator                                       :

.

  1. Perbandingan trigonometri suatu sudut ditentukan dari sisi-sisi  segitiga siku-siku
  2.  Perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku.
  3. Sudut-sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya
  4. Koordinat kartesius dan koordinat kutub dibedakan sesuai pengertiannya
  5. Koordinat kartesius dikonversi ke koordinat kutub atau se-baliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku
  6. Aturan sinus digunakan untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
  7. Aturan kosinus digunakan untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
  8. Luas segitiga ditentukan rumusnya
  9. Luas segitiga dihitung dengan menggunakan rumus luas segitiga
  10. Rumus trigonometri jumlah dua sudut digunakan untuk menyelesaikan soal
  11. Rumus trigonometri selisih dua sudut digunakan untuk menyelesaikan soal
  12. Identitas trigonometri digunakan dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonomteri
  13. Persamaan trigonometri ditentukan penyelesaiannya

Alokasi waktu                               : 23 x 45 menit

Pertemuan I

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

 

  1. Menghitung perbandingan trigonometri dipergunakan untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut segitiga siku-siku.
  2. Menghitung sudut-sudut diberbagai kuadran ditentukan nilai perbandingan trigonometrinya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sin A =

Cos A=

Tan A=

Cosec A =

Sec A =

 

Pada segitiga sisku-siku memuat sudut-sudut istimewa yaitu sudut 30

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari gambar di atas berlaku perbandingan trigonometri untuk sudut-sudut istimewa sebagai berikut:

A 0 30 45 60 90 180 270 360
Sin A 0 1 0 -1 0
Cos A 1 0 -1 0 1
Tan A 0 1 Tak terdefinisi 0 Tak terdefinisi 0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

 

Pertemuan II

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

  1. Membedakan koordinat kartesius dan koordinat kutub sesuai pengertiannya
  2. Menghitung Koordinat kartesius dikonversi ke koordinat kutub atau se-baliknya sesuai prosedur dan rumus yang berlaku

 

 

 

 

 

Koordinat kartesius adalah suatu titik yang di gambar pada sumbu x dan sumbu y (bidang kartesius terdiri dari ( nilai x) dan ordinat ( nilai y), di tulis P(x,y).

Koordinat Kutub adalah koordinat yang di gambar pada sumbu x dan sumbu y, terdiri dari nilai (

 

 

Jika diketahui suatu koordinat kutub P ( r,

x = r Cos

Contoh : Nyatakan titik R( 4, 150

Jawab :

 

 

Untuk mengubah koordinat kartesius ke dalam koordinat kutub dilakukan dengan cara berikut:

 

 

Contoh: Tentukan koordinat kutub jika koordinat kartesiusnya P(4,4)

Jawab :

Jadi, koordinat kutubnya P(4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan III

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

  1. Menghitung  dengan menggunakan aturan turan sinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga
  2. Menghitung  dengan menggunakan aturan turan cosinus untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut pada suatu segitiga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

Pertemuan IV

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

  1. Menghitung Luas segitiga ditentukan rumusnya
  2. Menghitung Luas segitiga dihitung dengan menggunakan rumus luas segitiga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

 

Pertemuan V

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

  1. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut untuk menyelesaikan soal
  2. Menggunakan rumus trigonometri selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan VI

 

Setelah mengikuti kegiatan belajar siswa dapat :

  1. Menggunakan Identitas trigonometri dalam menyederhanakan persamaan atau bentuk trigonomteri
  2. Menyelesaikan persamaan trigognometri

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alat dan Bahan : Papan Tulis, spidol, penggaris dll

Sumber belajar  :

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Nawa Bhakti Kebumen

Edy Riyanto, S.Pd

Verifikator

Sutomo, S.Pd

Kebumen,  19  Juli 2010

Guru Program Diklat

Pawit, S.Pd

 

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment